Kompas dan ePaper

Tanggal 3 Juli lalu, Kompas meluncurkan sebuah layanan baru yang disebut sebagai ePaper Kompas. Layanan ini memungkinkan kita membaca versi digital dari kompas cetak. Dan yang luar biasanya, layanan ini gratis! Bisa diakses siapapun tanpa perlu mendaftar, apalagi membayar. Menurut saya, ini adalah sebuah langkah sangat baik dari Kompas. Bukan hanya pembaca yang diuntungkan dengan adanya ePaper, melainkan Harian Kompas itu sendiri.

Keuntungan pertama yang didapatkan adalah bahwa Kompas akan dikenal sebagai pelopor ePaper di Nusantara. Sebagai pelopor, tentu saja brand Kompas akan lebih dikenal dan diingat oleh masyarakat umum. Mungkin saja suatu saat nanti masyarakat Indonesia akan menyebut ePaper dengan nama Kompas, seperti menyebut air mineral sebagai Aqua atau pasta gigi sebagai Odol.

Keuntungan kedua adalah keuntungan finansial yang didapatkan dari pemasangan iklan. Kompas dalam bentuk ePaper menawarkan kelebihan tersendiri bagi para pemasang iklan, yaitu iklan mereka akan bertahan lama sehingga dapat dilihat oleh lebih banyak orang. Dan tentu saja hal ini akan meningkatkan biaya pemasangan iklan di kompas. Untuk lebih pembahasan lebih jelas tentang yang satu ini, Anda dapat membaca tulisan inidi blog Priyadi, http://www.priyadi.net.

Keuntungan ketiga adalah bahwa ePaper ini memberikan citra baik bagi perusahaan. terutama dengan kelestarian lingkungan. Kompas dapat dipandang sebagai pelopor penghematan kertas untuk koran.

Namun, dengan kondisi internet Indonesia yang masih sangat buruk, ePaper ini tampaknya belum menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Saya sendiri butuh waktu hampir 1 jam untuk membuka keseluruhan halamannya. Bila dihitung internet 1 jam adalah 6.000, tentu jatuhnya ebih mahal daripada membeli bentuk cetak yang harganya Rp.2.500 dan Rp.1.000 (kompas sore).

PS: Hari ini Kompas menampilkan (lagi) diagram korupsi di halaman depannya.

'kompas

Explore posts in the same categories: berita

6 Komentar pada “Kompas dan ePaper”


  1. […] Kompas dan ePaper […]

  2. donlenon Says:

    sebuah terobosan kompas dalam (upaya) menghemat konsumsi pohon untuk keperluan membuat kertas.. i think!

  3. la u Says:

    smoga kondisi internet indo makin mbaik ,
    jd kompas bs ngbantu pngurangan kertas unt global warming .
    benar bgitu ?? *sotoy mode : on*

  4. Si Idiot Says:

    Betul sekali🙂

  5. wi3nd Says:

    belum lihat[ketauan nda pernah baca koran daku hehe]baca kompas cuma sabtu-minggu sajah..okeh thnanQ untuk infona ot,mluncur dech ke webna..:)

  6. Si Idiot Says:

    epaper.kompas.com🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: