Perbedaan Google Knol dan Wikipedia

Hari ini, 23 Juli 2008, Google meluncurkan sebuah layanan baru berupa ensiklopedia online yang diberi nama Knol.Layanan ini hampir mirip dengan Wikipedia, sehingga banyak yang berpendapat bahwa Knol adalah usaha Google untuk “membunuh” Wikipedia.

Logo Knol

Logo Knol

Saya pribadi berpendapat bahwa Wikipedia dan Knol bukanlah “musuh” yang saling bersaing. Keduanya berbeda sehingga masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Perbedaan itu misalnya ada dalam konten, penulisan, dan bahasa.

Dari segi konten Wikipedia memiliki peraturan yang lebih ketat dari Knol. Di Wikipedia, artikel How To Backpack atau How-to Build Bigger Biceps dilarang ditulis, sementara di Knol diperbolehkan. Wikipedia menganggap artikel yang berupa guide/tutorial seperti itu bukanlah artikel ensiklopedia (atau bahasa WIkipedianya, tidak ensiklopedis).

Wikipedia juga memiliki kebijakan Neutral Point of View, di mana sebuah artikel tidak boleh ditulis dari satu sudut pandang saja. Sementara di Knol, artikel boleh ditulis berdasarkan pandangan si penulis. Jadi misalnya penulis adalah orang Amerika, maka ia diperbolehkan menulis artikel yang mengecam Iran, begitu juga sebaliknya.

Wikipedia melarang penulis menggunakan gaya penulisan persuasif dalam artikelnya. Yang termasuk gaya persuasif ini misalnya mengajak atau mempengaruhi pemikiran orang, termasuk di antaranya beriklan. Sementara di Knol diperbolehkan.

Wikipedia juga melarang riset orisinal. Riset orisinal berarti pendapat atau teori yang diciptakan sendiri oleh penulis artikelnya, dan belum pernah diterbitkan dalam buku, media cetak, atau jurnal ilmiah. Sementara di Knol, riset orisinal diperbolehkan, contohnya artikel Entrepreneurship 101 ini.

Dari segi penulisan, Wikipedia memperbolehkan semua orang secara bebas menyunting semua artikel, kecuali artikel yang dilindungi. Sementara di Knol, hanya orang-orang yang telah diverifikasi (melalu kartu kredit) yang dapat menulis. Di satu sisi, Knol memiliki kelebihan. Artikel-artikel di Knol dapat lebih dipercaya karena yang menulisnya bukan orang sembarangan. Namun di sisi lain, perkembangan jumlah artikel Knol akan jauh di bawah Wikipedia karena jumlah penulisnya juga lebih sedikit.

Oh iya, di Knol, kita tidak dapat menyunting artikel yang ditulis oleh orang lain. Kita hanya dapat memberikan komentar dan rating. Sementara di Wikipedia kita bisa melakukannya. Di Wikipedia, penulis artikel bukan dianggap sebagai pemilik artikel, melainkan sebagai perintis artikel.

Yang terakhir dari segi bahasa. Di sini jelas Wikipedia memiliki kelebihan. Knol hanya tersedia dalam satu bahasa, yaitu bahasa Inggris. Sedangkan Wikipedia tersedia dalam puluhan bahasa, termasuk bahasa daerah seperti bahasa Sunda, Jawa, dan Banyumasan.

Nah kesimpulannya, menurut saya Wikipedia dan Knol bukanlah dua situs yang saling bersaing. Melainkan dua situs berbeda dengan kelemahan dan kelebihan masing-masing, dan dapat saling mendukung. Penulis di Wikipedia, misalnya, dapat menggunakan Knol sebagai referensinya, dan begitu pula sebaliknya.

Explore posts in the same categories: berita

3 Komentar pada “Perbedaan Google Knol dan Wikipedia”

  1. wi3nd Says:

    yaa..selalu begitu ada kelebihan dan kekurangan,dikembalikan kepada pembacanya,karna daku lebih familiar dg wiki maka wiki masih menjadi yg terbaik buatQ heheh..

  2. utchanovsky Says:

    Btw aturan Wikipedia Indonesia juga seketat Wikipedia internasional ini gak?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: