Youtube untuk pendidikan

Hari ini adalah hari pertama saya kuliah finance. Alhamdulillah saya dapet dosen yang masih muda.

Salah satu yang menyebabkan saya senang mendapat dosen muda adalah karena mereka biasanya udah melek teknologi dibandingkan dengan yang tua2. Hampir 100% dosen muda yang gw temui udah bisa memanfaatkan teknologi dalam mengajar, dan semuanya berpresentasi menggunakan power point, sementara dosen tua boro2 pakai power point, absen online yg cuma perlu ngebuka web browser aja banyak yang gak ngerti caranya.😦

Kembali ke topik, dosen ini, namanya pak Fadlul, ngasih tau sesuatu yang seharusnya gw tau dari dulu, yaitu tentang pemanfaatan youtube sebagai media belajar. Begitu masuk, ngemeng2 bentar, dia langsung buka Youtube di komputer kelas. Tapi sayang komputernya gak terhubung ke jaringan internet, jadi dia hanya menjelaskan bahwa sebenarnya ia ingin memperlihatkan bagaimana menggunakan Youtube untuk belajar.

Dia bilang bahwa beberapa user di Youtube telah membuat video lecturing yang bisa distream. Jadi dia menyarankan alih-alih nyatet, mening kita nonton aja video itu untuk belajar.

Caranya cukup mudah, ketik saja kata kunci “lecturer” di searchboxnya, setelah kita tinggal memilih “kuliah” mana yang akan kita tonton. Sejauh ini, dalam bidang bisnis, gw baru nemuin kuliah tentang marketing mix (place, product, price, promotion) yang dibuat oleh dosen dari Rotterdam university.

Tapi berkat informasi itu gw jadi tertarik ngembangin sebuah video berisi materi-materi dari textbook. Mungkin gw akan mulai bulan ini…🙂

Explore posts in the same categories: kampus

5 Komentar pada “Youtube untuk pendidikan”

  1. wi3nd Says:

    nti kasih tau yakh hasilnya:)
    good luck..!!
    daku seeh you tube bener2 wat pembelajaran,pembelajaran diri sendiri,nyari lagu,dengerin,dll heheheh..

  2. shamien Says:

    waahh.. sori boss. kayak visi kita tentang seorang dosen yang baik beda jauh. gue sih jauuuuuuuhhh lebih suka seorang profesor umur 70 taun. ngasi kita wawasan luas, pembelajaran hidup. biarpun salah satu dosen favorit gue umurnya seumuran sama pak harto kalo dia masih idup dan kalo absen maunya absen manual, tapi materi yang dia kasih nampol!

    rasain aja ma dosen lo yang sekarang. mungkin after mid lo akan berubah pikiran. hahahahha..

  3. Si Idiot Says:

    @wi3end hehehe doain ya

    @Shamien ah, gw kalo dapet dosen2 yg udah berumur kagak enak semua. Ngajarnya textbook banget.

    Yah sebenernya bagi gw yg utama bukan umur sih, tapi pelajarannya. Pokoknya gw big no-no untuk dosen yg textbook😀 btw sapa tuh dosen yg udah 70 taon?


  4. ada lah.. gue kasi tau juga gak penting. lo gak bakal ketemu juga. hahahaha..

    gue sih waktu MK ma dosen lo skarang, GAK BANGET! ihh.. menang ganteng doang..

    wahahhaha,, puasa2.. gak juga sih. gue lagi sahur dini😀

  5. Si Idiot Says:

    hahahaha gitu ya? Kemaren Ira juga bilang gitu, knp mang dia? pelit nilainya?


Tinggalkan Balasan

